FARAH SHAFY SAHARA

Berpacu Menjadi Yang Terbaik

ESAI AMERTA

diposting oleh farah-afy-sahara-fkm17 pada 11 August 2017
di Esai - 0 komentar

Nama                          : Farah Shafy Sahara

NIM                             : 101711133100

Fakultas                       : Kesehatan Masyarakat

Judul                           : Esai Pengalaman AMERTA UNAIR 2017

 

                Hari yang ditunggu telah tiba. Hari ini tepat pada tanggal 2 Agustus 2017 adalah hari dimana semua mahasiswa baru Universitas Airlangga melaksanakan pengukuhan yang bertempat di Airlangga Convention Centre (ACC). Pengukuhan merupakan acara pertama dalam rangkaian ospek. Ini lah saat dimana kita di sah-kan sebagai mahasiswa Airlangga oleh Rektor. Baik mahasiswa yang masuk lewat jalur SNMPTN, SBMPTN, Mandiri maupun Vokasi bakal kumpul jadi satu di acara ini. Kami para mahasiswa baru wajib datang pukul 06:30 karena kita akan mengisi daftar kehadiran/absensi dulu sebelum masuk ke ACC, disana juga kita diberi sekotak roti. Jika dilihat, acara ini didesain seperti sebuah sidang, seperti saat wisuda. Tapi sayangnya nggak pake kebaya, hanya baju putih-putih beserta almamater dan mutz. Acara ini juga dimeriahkan oleh orcestra dan paduan suara dari Universitas Airlangga. Tidak hanya itu saja, kita juga melakukan beberapa konfigurasi bersama-sama. Setelah pengukuhan, terdapat persembahan dari paduan suara, orchestra, serta tarian. Lalu dilanjutkan pengenalan oleh para Presiden BEM, baik Presiden BEM Universitas mau pun Presiden BEM Fakultas. Acara ini cuma berlangsung setengah hari.

            Hari Kedua dimulai, yaitu PKKMB Universitas. Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari, yaitu hari Kamis dan Jum’at. Kami diwajibkan memakai baju putih dan bawahan hitam, membawa notebook dan id card yang telah kami buat sendiri sebagai penugasan. Jadi pada acara ini seluruh mahasiswa baru bakal di bagi beberapa kelompok, setiap kelompok akan disebar di seluruh kampus, dari kampus A, kampus B, dan kampus C. tidak peduli dia berada di fakultas apa, semua berbaur menjadi satu. Kebetulan waktu itu saya kebagian di ruang Siti Parwati Fakultas Ilmu Budaya kampus B. Ketika masuk ruangan, saya benar-benar tidak kenal siapa-siapa. Tapi selang berjalannya acara, saya sudah dapat banyak teman baru dari bermacam-macam jurusan. Ada yang di jurusan kedokteran, kedokteran gigi, kedokteran hewan, hukum dll.  Acara ini di isi oleh materi-materi tentang ke universitas-an, seperti sejarah Unair, fasilitas di Unair, dll yang dipresentasikan oleh dosen-dosen. Dan dihari itu juga kita mendapatkan tugas pertama kita, yaitu membuat print out yang menceritakan tentang sejarah dari 14 fakultas di UNAIR, dan berfoto wefie kelompok di 6 fasilitas Universitas Airlangga yang tersebar di kampus A,B dan C yang kemudian wajib di upload melalui instagram masing-masing. Lumayan lah, kita dapat berkeliling ke 3 kampus UNAIR. Di akhir acara, kita di bagi menjadi beberapa kelompok untuk penugasan hari besoknya.

                Keesokan harinya, sama seperti hari yang kemarin kita disuguhkan oleh materi-materi yang disampaikan dosen. Di hari itu kita harus mengumpulkan tugas yang diberikan kemarin, yaitu print out sejarah fakultas UNAIR. Setelah itu, sekitar jam 11:30 ada acara yang namanya PK time. Disitu kita disuruh untuk menemui kakak PK yang ditentuin sebelumnya, kebetulan saya mendapat kelompok Garuda 12 Ksatria 6. Pada waktu itu, kakak PK memberikan pengarahan tentang tugas kita selanjutnya yaitu roleplay yang akan dilaksanakan pada hari Sabtu, kami berdiskusi dan saling bertukar pendapat. Setelah itu kami kembali ke kelas masing-masing dan menikmati makanan yang telah disiapkan panitia. Acara ini berakhir pada pukul 17:00.

                Sabtu, 5 Agustus 2017 adalah acara yang dilakukan out door/diluar ruangan yaitu Amerta Candradimuka. Kami tidak lagi memakai seragam putih hitam, tapi kami memakai kaos lengan panjang berwarna putih serta celana training berwarna gelap, memakai topi unair dan sepatu bebas. Sekitar pukul 06:30 kita dikumpulkan di lapangan depan ACC sesuai kelompok Ksatrianya. Kegiatan kita yaitu membuat yel-yel dan jargon kelompok, dan selanjutnya kita melakukan roleplay dengan kelompok lain sesuai dengan perannya masing-masing. Setelah itu, kami berkumpul lagi ke dalam ACC untuk meyaksikan pertunjukan tentang pancasila yang dilakukan oleh kakak panitia. Cocoklah sebagai penutup hari yang melelahkan ini.

                Akhirnya, hari ini adalah Amerta Abiseka yaitu acara penutupan PKKMB Universitas sekaligus pembukaan untuk acara PKKMB Fakultas. Pagi hari kami berada pada fakultas masing-masing untuk menerima materi, sekitar pukul 14:00 kami berkumpul di ACC untuk melihat pertunjukan penutup. Pertunjukkan begitu meriah dengan menghadirkan beberapa ukm dan  Piyu Padi sebagai bintang tamu yang merupakan alumni juga dari Universitas Airlangga. Acara berakhir jam 21:00, walaupun begitu kami tidak merasa lelah karena kami tahu bahwa acara ini sebenarnya sangat bermanfaat dan menyenangkan. Kami bisa tahu lebih jauh tentang kampus, kegiatan di kampus, dan bisa kenal dengan teman-teman dari berbagai fakultas.

 

 

 

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :